Bus Karoseri Adiputro

Bus Karoseri Adiputro

Di Indonesia hampir setiap tahunya selalu bermunculan bus- bus dengan model yang lebih bagus dan bervariasi. Setiap bus- bus baru juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang mendukung untuk menambah kemewahan dan kenyamanan penumpang. Perlu Anda ketahui bahwa, bus- bus baru tersebut di buat dalam negeri. Kecuali bagian mesin yang didatangkan dari luar negeri. Sedangkan untuk semua produk- produk otomotif tersebut di desain di Indonesia alias karoseri pribumi. Bus karoserie adiputro merupakan salah satu yang terkenal di Indonesia dan sudah menjadi yang terdepan dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Bus Karoserie adiputro terbaik di Indonesia

Kata “karoseri” pada awalnya berasal dari bahasa Prancis yaitu Carrosserie. Dari bahasa Italia yaitu Carrozziere, sedangkan dari bahasa Jerman artinya yaitu Karrosserie. Didalam bahasa Inggris biasanya menggunakan istilah Coachbuilder, Body builder atau Autobody manucfacture. Namun dalam bahasa Indonesia karoseri yaitu suatu jenis usaha dalam pembuatan body mobil beserta desain interiornya. Sedangkan di atas chessis dan mesin yang juga produksi oleh pabrik lainnya. Karoseri sendiri dianggap sebagai jasa, karena produksi barangnya sebagian besar yaitu made to order (produk dibuat jika ada pesanan), jadi produk bukan made to stok (produk dibuat untuk stok). Di sisi lain, itu yang menjadi kelebihan dari karoseri. Dimana semua untuk permintaan dengan fungsi- fungsi khusus (special vehicle) jumlahnya hanya sedikit dan dimungkinkan untuk dibuat.

Pekerjaan Karoseri Secara Garis Besar

Tugas dari karoseri yaitu hanya bertanggung jawab terhadap bodi interior dan eksteriornya. Sedangkan untuk urusan mesin sudah di luar tanggung jawab dari karoseri, jadi untuk transmisi atau suspense yang merupakan pihak pembuat chassislah yang menjadi penanggung jawab. Namun karena untuk keseluruhan performance kendaraan tergantung pada berbagai faktor seperti berat, keseimbangan dan pembagian titik berat, dimensi, penampilan dan kenyamanan. Maka dari itu baik karoseri ataupun pihak ATPM juga memiliki ketergantungan dan korelasi yang cukup erat untuk menciptakan sebuah kendaraan yang berkualitas dan layak jalan.

Cahssis yaitu rangka utama yang digunakan sebagai pondasi untuk meletakkan bodi kenaraan. Selain itu, Chassis juga digunakan sebagai tempat duduk dari berbagai bentuk komponen dasar yaitu mesin, suspense dan transmisi. Karoseri lebih identic dengan proses buatan tangan manual atau handmade untuk bagian bodinya. Maksud dari handmade disini adalah membuat mobil dengan sebuah ketrampilan. Namun memiliki kelemahan yaitu dimana kualitas bodi, kemuian tingkat presisi, keamanan dalam satu mobil dengan lainnya relative rendah daibandikan dengan mobil yang dikeuarkan dari pabrikan ATPM. Saat ini, perkembanan teknologi telah banyak diterapkan di karoseri di Indonesia. Sehingga sudah banyak dalam prosesnya menggunakan berbagai macam alat bantu, yang dulunya hanya dikerjakan dengan hand made.

Sehingga saat ini proses pembuatannya banyak menggunakan mesin- mesin, otomatis, teknologi dengan tenaga asing dan juga penerapan konsep manufaktur yang diterapkan oleh perusahaan- perusahaan karoseri besar untuk dapat meningkatkan kualitas produknya. Bus Karoseri Adi Putro Menjadi yang Terdepan Adiputro merupakan salah satu diantara pencetus prinsip untuk standarisasi sebuah produk. Karoseri ini menghasilkan berbagai jenis bus- bus yang berkelas eksekutif. Salah satu jenis bus yang pernah tenar dan merupakan garapan Adi Putro yaitu Travego, Setra Selendang, Setra Top Class 500 dan New Travego.

Untuk khusus jenis bus New Travego yang sangat populer di kelompok operator bus, maka dari itu mendorong Adi Putro memunculkan sebagian versi yang terkenal yaitu faceliftnya. Bus- bus yang merupakan garapan Adi Putro dikerjakan di workshop mereka, tepatnya di daerah Karanglo, Kota Malang. Untuk alamat tepatnya yaitu di Jl. Balearjosari, No.35 Karanglo, Malang.

http://marjayatrans.com

0Shares

Related posts

Leave a Comment